Sunday, November 17, 2019

Pengertian Dan Struktur Khotbah



Pengertian Dan Struktur Khotbah Apa kabar tokumafu.blogspot.com, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Pengertian Dan Struktur Khotbah, Dengan mengunjungi blog ini jasa konveksi jambi semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, yang saya berikan ini dapat sobat pahami.

Apa itu khotbah? Asal kata Khotbah bermula dari bahasa arab yaitu khataba yang artinya ‘menasehati’. Kemudian, Khotbah didefinisikan sebagai sebuah pidato. Namun Khotbah memiliki perbedaan dengan pada umumnya sebuah pidato. Yang diuraikan dalam khotbah lebih merujuk ke problem yang bersifat keagamaan sedangkan kalau pidato sifatnya yaitu umum. 

Karena itulah di dalam prakteknya khotbah memiliki cara cara tertentu dalam penyampaiannya. Sebagai pola khotbah dalam agama islam, dalam berkhotbah harus ada khatib yaitu orang yang berkhotbah, isi khotbah harus mengutip dari salah satu ayat yang tercantum di dalam Al Qur’an dan menjelaskannya, dan kalau khotbah diakhiri maka diakhiri dengan berdo’a.

Struktur Khotbah

Pembagian Khotbah secara umum terbagi menjadi 3 bab yaitu bab pendahuluan, bab isi dan bab penutup. Penjelasannya ialah sebagai berikut ini.

  • Bagian pendahuluan yaitu berisi pujian-pujian kepada Yang Mahakuasa YME, permintaan untuk bertakwa dan bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Yang Mahakuasa YME.
  • Bagian isi yaitu menjelaskan dan menguraikan apa tema dalam Khotbah. Dalam bab ini memuat materi-materi utama yang disampaikan oleh seorang Khatib.
  • Bagian epilog yaitu berupa pesan-pesan dan juga diakhiri dengan berdoa.


Demikian artikel saya tentang Pengertian Dan Struktur Khotbah

OK sekian dulu artikel saya Pengertian Dan Struktur Khotbah kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Pengertian Dan Struktur Khotbah dengan alamat URL https://tokumafu.blogspot.com/2019/11/pengertian-dan-struktur-khotbah.html
jasa konveksi semarang

No comments:

Post a Comment