Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit



Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit - Apa kabar tokumafu.blogspot.com, Seomaga Anda semua dalam keadaan sehat, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit
URL : Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit

Baca juga


Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit

Pada saat itu Jayakatwang adipati dari kediri membunuh Kertanegara atas saran yang diberikan Aria Wiraraja kemudian Jayakatwang memberikan pengampunan kepada Raden Wijaya menantu dari kertanegara yang menyerahkan diri kemudian Raden Wijaya juga diberikan Hutan Tarik. Lalu kemudian Raden Wijaya membuka Hutan tersebut untuk membangun desa baru yang kemudian diberi nama Majapahit, nama Majapahit diambil dari “buah maja” dan juga “rasa pahit”.
Tapi terjadi kemunduran pada Kerajaan Majapahit dan terjadinya proses runtuhnya Majapahit dengan beberapa faktor yang kemudian mebuat majapahit benar-benar runtuh. Dan kemudian hanya menjadi sejarah dari kerajaan majapit beserta peninggalannya.

Faktor Penyebab Terjadinya Kemunduran Majapahit

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kemunduran pada kerajaan majapahit Untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa saja faktor-faktor dari penyebab mundurnya kerajaan majapahit.
1. Tidak adanya pembentukan pimpinan baru (tidak ada kaderisasi)

2. Gajah Mada adalah Patih Amangkubumi yang memegang semua jabatan yang sangat penting. Dia tidak memberikan kesempatan kepada generasi penerus agar bisa tampil, dan setelah meninggalnya Gajah Mada tidak memiliki  pengganti yang cakap dan juga berpengalaman

3. Perang antara saudara yang juga melemahkan kekuatan, seperti Perang Paregreg yang kemudian menimbulkan malapetaka untuk rakyat dan juga para kaum bangsawan, dan kemudian melemahkan kekuatan dan juga tidak adanya persatuan. Daerah-daerah kemudian melepaskan diri, dikarenakan pemerintahan pusat dari Kerajaan Majapahit lemah dan semakin kacau, kemudian para adipati yang ada di jawa serta kerajaan-kerajaan yang ada diluar jawa juga ikut untuk melepaskan diri dari Kerajaan Majapahit

4. Kelemahan yang dimiliki pemerintahan pusat yang diakibatkan oleh perang antara saudara yang juga mengakibatkan kemunduran ekonomi Kerajaan Majapahit. Dan kemudian perdagangan yang ada di Kepulauan Nusantara diambil alih oleh para pedagang-pedagang dari melayu dan juga para pedagang-pedagang islam.


5. Masuk dan juga tersiarnya agama islam, dan kemudian Adipati dan juga daerah-daerah pesisir pantai serta daerah pedalaman yang memeluk agam islam dan merasa tidak memiliki keterikatan oleh kekuasaan Kerajaan Majapahit, sehingga mereka tidak menaati dan juga tidak setia kepada penguasa yang beragamakan Hindu.


Nah itulah artikel saya tentang Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit

OK sekian dulu artikel saya Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit dengan alamat URL https://tokumafu.blogspot.com/2019/11/faktor-faktor-kemunduran-kerajaan.html

2 Responses to " Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit"

histats